Pengantar

Kekayaan Intelektual (KI) penting dalam pembangunan bangsa karena pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang kreatif dan inovatif dapat mengembangkan perekonomian negara.

Perguruan Tinggi yang dikenal sebagai masyarakat intelek seharusnya sudah mempunyai berbagai inovasi atas karya penelitian yang dapat diabdikan kepada masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi.  Berbagai inovasi yang dihasilkan oleh insan perguruan tinggi sudah dapat dilindungi melalui perlindungan  Kekayaan Intelektual (KI).

Melalui perlindungan KI ini perguruan tinggi termasuk civitas akademika yang terlibat akan merasa lebih dihargai sehingga akan lebih semangat melakukan penelitian. Pada tahap berikut perlindungan KI tidak hanya sekedar memberikan perlindungan melainkan memberikan kemungkinan sebagai sumber dana bagi perguruan tinggi maupun civitas akademika. Perlindungan KI bukan hanya bagi hasil temuan dosen, tetapi juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat umum untuk mendapatkan perlindungan bagi temuannya. Masih belum banyaknya pi yang memahami tentang KI mendorong kami untuk mensosialisasikan tentang KI melalui brosur ini dengan harapan akan lebih banyak pi yang memahami KI dan mendorong para inventor untuk mendaftarkan karyanya untuk dilindungi.